Suka Mukena Berbahan Parasut? Inilah Jenis-jenisnya, Kelebihan dan Kekurangannya

0
182
contoh mukena parasut
contoh mukena parasut

PusatMukena.com – Hai sahabat, siapa sih yang belum pernah mengenal atau memakai mukena yang berbahan parasut? Ya ketinggalan jaman deh kalau belum tahu, karena mukena jenis ini banyak sekali membantu kita yang banyak mempunyai kesibukan terutama di luar rumah dan suka membawa alat sholat yang ringkas dan tidak memenuhi tas. Nah berikut ini kita bahas mengenai bagaimana mukena berbahan parasut ini, jenis-jenisnya, kelebihan dan kekurangannya agar sahabat lebih mengerti.

Apakah Itu Mukena? Inilah Pengertiannya

Nah sebelum melangkah lebih jauh bahasan tentang mukena parasut, ada baiknya kita kembali membahas sedikit tentang pengertian dari mukena ini. Apakah itu mukena? Mukena adalah salah satu busana atau perlengkapan shalat khas Indonesia yang memang didesain khusus untuk para wanita muslim. Dibilang khas karena memang hanya ada di wilayah Indonesia, Malaysia dan sedikit daerah Singapura (melayu) saja. Jadi Anda tidak akan menemukan mukena ini di daerah lain seperti di Timur Tengah, Eropa dan lainnya kecuali memang membawa dari Indonesia.

contoh mukena parasut
contoh mukena parasut. image credits:tokopedia.com

Sesuai dengan persyaratan wajib mengenai busana yang bisa dipakai untuk shalat, mukena ini umumnya selalu dibuat dalam ukuran yang lumayan lebar dan besar. Ukuran yang lebih besar disbanding dengan ukuran tubuh pemakainya ini bertujuan untuk menutup aurat pemakainya dan juga tidak terlihat lekukan tubuhnya.

Tentang Mukena Parasut

Sekarang ini banyak sekali model dan bahan busana yang dipakai untuk membuat mukena. Sebagai perlengkapan wajib saat sholat, mukena yang didesain khusus untuk para wanita sendiri umumnya memiliki berbagai macam variasi warna, model serta motif yang cukup menarik. Tidak hanya itu saja, mukena wanita ini biasanya juga memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, salah satunya mukena jenis parasut. Hal ini sangat berbeda dengan era tahun 70-an sampai dengan 90-an dimana mukena hamper semuanya menggunakan bahan kain berwarna putih saja dan dengan bahan terbatas seperti katun dan bahan yang sejenisnya, namun sekarang Anda sudah lebih mudah memilih bahan, model dan warna dari mukena yang Anda sukai.

contoh mukena parasut
contoh mukena parasut. image credits: shoopee.co.id

Mukena parasut ini merupakan salah satu inovasi baru dari para desainer busana muslim untuk mengakomodir para wanita muslimah jaman sekarang yang lebih memiliki kesempatan untuk beraktifitas di luar rumah dan tidak mempunyai banyak waktu dan tempat untuk merawat mukena. Dengan menggunakan mukena jenis parasut ini Anda akan mudah membawanya tanpa perlu repot dalam penyimpanannya karena memang ringkas, tidak perlu melipat dengan rapi dan juga ringan.

Jenis-jenis Mukena Parasut

Setidaknya ada 3 jenis mukena parasut yang beredar di pasaran jika dilihat dari jenis bahan pembuatnya yaitu:

A. Kain Parasut Kusut

Kain parasut kusut berupa sejenis kain parasut yang memiliki tekstur bergelombang/kusut, lembut, dingin, agak mengkilat, licin dan tidak memiliki lapisan anti air. Dinamakan kain parasut kusut karena memang teksturnya yang kusut dan tidak tampak licin namun tetap enak dipakai untuk sholat.

B. Kain Parasut Tipis

Sesuai Namanya, kain parasut tipis adalah jenis kain parasut yang tidak memiliki lapisan anti air, tipis dan tidak mengkilap. Karena paling tipis dibandingkan dengan jenis parasut lainnya maka jenis kain ini jika dilipat menjadi yang paling kecil sehingga sangat ringkas dan simple dalam membawanya.

C. Kain Parasut Super

Dinamakan kain parasut super karena kain parasut ini permukaannya mengkilap dan lebih tebal dari parasut tipis, tapi sama-sama tidak memiliki sifat anti air. Dari harganya lebih mahal, tingkat kenyamanannya juga paling baik dibandingkan dengan jenis parasut lainnya, namun lebih besar sedikit jika dilipat.

Kelebihan Mukena Jenis Parasut

Nah mukena parasut ini banyak bermunculan dengan berbagai warna yang menarik sehingga banyak yang menyukainya. Berikut ini beberapa kelebihan mukena jenis parasut yang perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat memakainya disaat yang tepat:

1. Bahan Parasut Sangat Ringan dan Mudah Dilipat

Salah satu kelebihan yang paling disukai dari mukena berbahan parasut ini adalah bahannya yang super ringan dan mudah dilipat. Mukena berbahan parasut ini biasanya banyak dipilih karena bahannya sangat ringan dan bisa dilipat kecil sehingga sangat memudahkan pemiliknya saat dibawa kemana-mana tanpa perlu memakan banyak tempat untuk menyimpannya.

a. Mukena parasut tidak berat dan sangat ringan baik saat dibawa maupun saat digunakan untuk beribadah.
b. Mukena parasut mudah untuk dilipat dan disimpan ke dalam tas kecil yang selalu disertakan saat pembelian mukena.
c. Mukena parasut yang ringan sangat nyaman dipakai dan tidak membuat tubuh gerah karena bahannya pun tidak terlalu tebal.

2. Bahan Parasut Cukup Kuat dan Tahan Lama

Mukena muslimah yang dibuat dari kain parasut ini tergolong ke dalam jenis mukena yang bagus karena bahannya termasuk awet dan tidak mudah sobek walau sebenarnya cenderung tipis. Dengan karakteristik bahannya yang kuat ini maka mukena yang dihasikan juga jadi lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, kain parasut yang banyak dipakai untuk membuat mukena ini umumnya menggunakan jenis Kain Parasut Kusut yang sangat ringan dan mudah dibersihkan. Selain kain parasut kusut bisa juga menggunakan Kain Parasut Tipis atau Kain Parasut Super yang cenderung lebih murah.

3. Mukena Parasut Mudah Dibawa Bepergian

Jika Anda merupakan muslimah yang aktif dan banyak beraktifitas di luar rumah maka muken dengan bahan parasut ini sangat cocok untuk Anda bawa serta. Mukena jenis parasut sangat cocok untuk dibawa bepergian karena ketika dimasukkan ke dalam tas tidak memerlukan terlalu banyak ruang untuk menyimpannya. Karakteristik mukena parasut yang ringan dan bisa di lipat kecil menjadikan mukena ini terkesan sangat praktis saat dibawa bepergian. Selain itu dengan tas kecil yang biasanya sudah diberikan berpasangan dengan mukenanya akan membuat Anda merasa praktis saat membawanya.

4. Mukena Parasut Mempunyai Banyak Pilihan Warnanya

Bahan parasut merupakan salah satu bahan sintetis yang dibuat dengan beragam warna pilihan. Oleh karena itu mukena yang dibuat dari jenis bahan ini juga mempunyai banyak pilihan warna yang bervariasi. Mukena parasut umumnya memiliki banyak warna yang beragam mulai dari warna-warna cerah namun tidak sedikit pula yang dibuat dalam warna gelap. Banyaknya pilihan warna mukena yang tersedia menjadikan anda lebih bebas untuk mendapatkan pilihan warna yang paling Anda sukai. Namun karena bahan parasut ini merupakan bahan yang tipis maka jika mau lebih aman Anda bisa memilih mukena parasut yang berwarna cenderung gelap agar tidak terlihat transparan karena bahan ini agak tipis dan rawan terlihat menerawang, terutama untuk yang warnanya putih.

5. Bahan Parasut Tidak Mudah Luntur

Mukena berbahan parasut tidak mudah luntur jadi warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali. Dengan karakteristik bahannya yang tidak mudah luntur maka warna mukena tidak akan mengotori pakaian lain saat dicuci bersamanya.

6. Model Mukena Parasut Cukup Beragam

Seperti yang sudah dbahas di bagian atas dimana mukena parasut unggul dari segi kualitas bahannya kini tersedia pula berbagai macam model mukena wanita yang cukup beragam. Beberapa ada yang dibuat dengan model one piece (terusan), model abaya (mirip mukena one piece tapi tidak memiliki kepala) dan model two piece (terdiri dari atasan dan bawahan). Untuk lebih jelas tentang berbagai model mukena secara umum silahkan Anda baca artikel Inilah Pengertian Mukena dan Jenis-jenisnya.

7. Memiliki Banyak Pilihan Ukuran

Mukena parasut yang diciptakan untuk para wanita kebanyakan juga dibuat dalam berbagai macam ukuran yang berbeda dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi mencari mukena yang sesuai dengan ukuran badan Anda.

8. Penampilannya Yang Menarik

Mukena yang dibuat dari kain parasut secara keseluruhan memiliki tampilan yang sangat menarik. Baik itu dengan atau tanpa tambahan ornamen pendukung seperti renda dan bordir, mukena parasut akan selalu tampak cantik.

Dengan tampilannya yang menarik mukena parasut sangat cocok dijadikan sebagai kado pernikahan, kado ulang tahun dan hadiah lebaran untuk orang tersayang. Memberikan hadiah mukena sebenarnya menjadi hal yang paling netral, karena bisa digunakan berbagai ukuran tubuh.

9. Perawatannya Sangat Mudah

Jika Anda membandingkan antara mukena dari bahan parasut dan dibandingkan dengan mukena yang dibuat dari bahan lain seperti katun, spandek atau sutera, perawatan mukena parasut ini bisa dikatakan jauh lebih mudah. Bila mukena parasut sudah kotor Anda bisa mencucinya dengan detergen kemudian menjemurnya di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

10. Harganya Cukup Terjangkau

Dari segala keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli mukena berbahan kain parasut. Sebab jika dibandingkan dengan mukena yangg dibuat dari bahan lain tentu mukena ini harganya jauh lebih murah.

Dari segi harga bisa dikatakan mukena parasut umumnya memiliki harga yang cenderung lebih murah jadi dengan memakai mukena tersebut Anda bisa lebih berhemat.

Mukena berbahan parasut umumnya memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun hal tersebut tidak menjadikan kualitasnya lebih buruk. Bahkan dengan berbagai keunggulan lainnya seperti yang sudah diulas diatas kami yakin Anda akan memilih mukena jenis ini untuk menemani kegiatan dan aktifitas luar Anda.

Kekurangan Mukena Parasut

Satu-satunya kekurangan dari mukena berbahan parasut ini adalah jenis bahan parasut yang tidak bisa diseterika dan teksturnya yang keriput dan tidak bisa licin sehingga jika dilihat sepintas seperti kumuh. Namun dengan semakin beragamnya model dan warnanya insya Allah kesan kumuh dan kurang elegan ini akan hilang dengan sendirinya.

Demikianlah segala hal yang perlu Anda ketahui tentang mukena berbahan parasut. Semoga dapat menambah wawasan tentang bahan dan jenis mukena sehingga Anda akan dapet lebih mudah memilihnya sesuai dengan karakeristik dari masing-masing mukena sesuai dengan kebutuhan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here