Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Apakah Mukena Satu-satunya Pakaian Sholat untuk Muslimah?

contoh mukena untuk ibadah sholat
contoh mukena untuk ibadah sholat

PusatMukena.com – Apakah Mukena Satu-satunya Pakaian Sholat untuk Muslimah? Kita sudah mengetahui jika secara umum pakaian atau baju yang dikenakan untuk sholat bagi Muslimah atau perempuan Islam adalah mukena. Hal ini akan terlihat jelas terutama di Indonesia dan wilayah-wilayah Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura. Bagaimanakah aturan yang seharusnya, dimana Islam berasal dari Jazirah Timur Tengah, apakah memang benar mukena adalah satu-satunya pakaian yang digunakan untuk sholat bagi Muslimah? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Pakaian Untuk Sholat Bagi Muslimah

Dalam Islam tidak ada peraturan khusus yang menunjukkan bahwa Muslimah wajib menggunakan mukena saat melaksanakan ibadah sholat. Namun, Islam memberikan panduan busana yang dipakai untuk sholat sebagaimana yang dijelaskan oleh ulama berikut ini.

contoh mukena untuk ibadah sholat
contoh mukena untuk ibadah sholat. image credits: grid.id

Dalam hal busana dan pakaian sholat bagi Muslimah, Ibnu Rusyd dalam kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid menjelaskan bahwa para ulama bersepakat bahwa pakaian wanita yang dianggap memadai untuk sholat adalah baju kurung (dar) dan kerudung (khimar). Hal ini berdasarkan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Sayyidah Ummu Salamah.

Beliau bertanya kepada Rasulullah SAW, “Apa yang dikenakan seorang wanita ketika sholat?”. Nabi pun menjawab, “Kerudung dan baju kurung longgar yang dapat menutup bagian punggung telapak kakinya,”.

Selain hadits tersebut juga ada hadits lain berdasarkan riwayat dari Sayyidah Aisyah, dari Nabi Muhammad SAW yang bersabda, “Laa yaqbalullahu shalata haa-idh illa bikhimaarin,”. Yang artinya, “Allah tidak berkenan menerima shalat seorang wanita kecuali dengan mengenakan kudung,”.

Bagaimanakah Jika Muslimah Tidak Menutup Aurat Saat Sholat?

Dalam hal Wanita Muslimah yang tidak menutup aurat (ujung kaki sampai ujung kepala kecuali telapak tangan), maka mayoritas ulama mengatakan bahwa jika seorang wanita sholat tanpa kerudung, ia harus mengulang shalatnya itu dan sesudahnya.

Namun Imam Malik yang mengatakan bahwa ia hanya wajib mengulang sholatnya pada waktu itu saja. Menurut para ulama, seorang budak perempuan boleh sholat dalam keadaan kepala dan telapak kakinya terbuka.

Kesimpulan

Setelah membaca dalil hadits di atas maka dapat kita simpulkan bahwa mukena bukanlah satu-satunya busana Muslimah yang dipakai untuk melaksanakan ibadah sholat, namun yang paling penting adalah busana longgar dan juga penutup kepala yang menutup aurat secara utuh dan sempurna. Sedangkan mukena adalah busana untuk sholat yang biasa dipakai di daerah Nusantara dan Asia Tenggara pada umumnya, dan memakainya tidaklah menjadi masalah bagisyarat sahnya sholat. Semoga bermanfaat.