9 Tips Mudah Mencuci dan Merawat Mukena Parasut Agar Tetap Awet

0
73
contoh mukena bahan parasut
contoh mukena bahan parasut

PusatMukena.com – Mukena merupakan salah satu perlengkapan shalat atau beribadah yang pasti semua wanita muslimah mempunyainya. Hal ini karena memang ada kondisi tertentu dimana kita sedang tidak menggunakan busana muslimah syar’i yang Sempurna menutup seluruh anggota tubuh seperti saat sedang di dalam rumah, atau juga saat kita mau mengerjakan shalat tapi baju yang dipakai sepertinya kurang serasi atau juga kaos kaki yang kotor, maka mukena adalah satu-satunya alat shalat yang kita butuhkan.

contoh mukena bahan parasut
contoh mukena bahan parasut. image: shopee.co.id

Mukena parasut merupakan salah satu jenis mukena yang sedang tren dan popular terutama bagi kaum muslimah yang banyak beraktifitas di luar rumah ataupun suka bepergian. Dengan membawa mukena bahan parasut ini Anda akan lebih ringan, mudah dan simpel serta tidak butuh tempat yang besar. Apalagi dengan bundling tas yang selalu ada pada kemasan mukena parasut ini menjadikannya lebih memudahkan penggunanya. Dan soal model dan warna, Anda jangan kuatir, karena produsen-produsen busana muslim dan alat shalat mempunyai banyak kreasi model dan warna untuk mukena jenis ini. Anda hanya tinggal memilih model dan warna yang Anda suka tanpa perlu repot membuat sendiri. Bagi Anda yang belum begitu mengerti tentang mukena jenis ini, silahkan baca artikel kami Suka Mukena Berbahan Parasut? Inilah Jenis-jenisnya, Kelebihan dan Kekurangannya

contoh mukena bahan parasut
contoh mukena bahan parasut. image credits: shopee.co.id

Saat membeli mukena bahan parasut ini apakah Anda sudah memikirkan bagaimana caranya mencuci atau merawatnya? Karena berbeda bahan maka akan berbeda juga cara perawatannya. Anda harus mengetahui benar bagaimana cara merawatnya agar mukena yang Anda miliki menjadi awet dan tetap bagus dilihat serta dipakai. Nah berikut ini ada beberapa tips mudah dalam merawat mukena bahan parasut yang bisa Anda praktekkan di rumah.

9 Tips Mudah Mencuci dan Merawat Mukena Bahan Parasut Agar Tetap Awet

Bagi Anda yang sudah mempunyai mukena jenis parasut ini maka tugasnya sekarang adalah merawatnya agar tetap awet. Anda bisa mengikuti tips mudah berikut dalam merawatnya:

1. Setap selesai menggunakan mukena parasut, hendaklah menggantung mukena parasut Anda dengan menggunakan hanger agar terkena angin dan tidak lembab. Hal ini akan mencegah timbulnya bau dan jamur. Karena jamur agak sulit untuk menghilangkannya.

2. Mencuci mukena bahan parasut ini secara rutin agar debu dan kotoran yang menempel pada permukaan mukena akan hilang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bersihnya sekaligus bahan tidak eusak maka sebaiknya Anda mencucinya dengan menggunakan tangan saja.

3. Hindari mencuci mukena bahan parasut ini dengan menggunakan deterjen yang mengandung pemutih supaya serat kainnya tetap kuat dan terjaga dengan baik serta warnanya tidak mudah memudar.

4. Saat Anda mencuci mukena ini sebaiknya mengucek dengan pelan dan berhati-hati, tidak terlalu keras dan jangan memerasnya terlalu kuat. Hal ini juga menjaga serat kain tidak mudah rusak.

contoh mukena bahan parasut
contoh mukena bahan parasut. image credits: carousell.com

5. Setelah dicuci dengan deterjen, hendaknya membilasnya dengan cara menyiramnya menggunakan air bersih.

6. Anda juga bisa menambahkan pelembut pakaian setelah mencuci dengan deterjen (pada saat membilas) agar mukena lebih lembut dan berbau harum.

7. Untuk mengeringkan setelah dicuci, Anda cukup menggantungkannya pada hanger dan diangin-anginkan saja di tempat yang tidak terkena matahari langsung agar warna tidak udah pudar. Dengan karakteristik bahan kainnya yang tipis mukena bahan parasut ini akan cepat kering.

8. Anda juga bisa menyeterikanya dengan pilihan panas yang rendah, karena bahan ini tidak kuat dengan panas yang tinggi.

9. Tanpa menyeterikanya juga tidak apa-apa, Anda hanya perlu menyimpannya di tempat yang kering dan tidak lembab.

Nah demikianlah tips mudah dalam mencuci dan merawat mukena bahan parasut agar tetap awet dan tidak mudah rusak, serta warna tetap cerah terjaga. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here