Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

10 Rekomendasi Bahan Mukena Yang Nyaman Dipakai

contoh mukena bahan katun jepang
contoh mukena bahan katun jepang

PusatMukena.com – Mukena merupakan pakaian dan busana yang biasa dipakai oleh muslimah Indonesia dan negara sekitarnya seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Bentuknya hampir sama namun namanya agak berbeda. Contohnya jika di Indonesia namanya mukena maka di Malaysia namanya adalah telekung, namun demikian bentuknya hampir sama.

Bagi orang Indonesia mukena ini sudah seperti busana wajib yang harus dipakai saat melaksanakan ibadah sholat. Jika muslimah sholat tidak memakai mukena rasanya seperti kurang pas. Padahal sebenarnya tidak ada peraturan atau dalil yang mewajibkan penggunaan mukena ini, yang ada hanya aturan untukmenutup aurat dengan busana yang longgar dan menutup kepala sampai ujung kaki sehingga rambut dan kepala tertutup kecuali telapak tangan saja.

Perkembangan Mukena

Dalam urusan desain, busana yang dipakai oleh kaum Wanita memang sangat cepat perkembangan dan modelnya. Sama halnya dengan mukena maka jika kita lihat terlihat banyak sekali perkembangannya mulai dari warna yang dipakai, corak, hiasan dan model serta bahan yang dipakai untuk membuatnya.

Pada jaman dahulu mukena hanya didominasi oleh warna putih dengan aksen bordir yang juga berwarna putih sehingga tidak terlalu jelas terlihat. Pada saat sholat Ied di lapangan maka di barisan muslimah akan terlihat warna putih seragam. Nah berbeda dengan kondisi sekarang, dimana  warna mukena ini semakin beragam, mulai dari warna putih, warna-warna solid hingga warna gradasi ada. Selain itu, model dan motif mukena juga semakin bervariasi. Keberagaman motif, model dan warna ini salah satunya disebabkan oleh beragamnya jenis kain yang digunakan untuk bahan mukena. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengerti jenis dan karakteristik bahan mukena terutama saat hendak membeli mukena. Karena semakin nyaman dan pas mukena kita pakai maka hal ini dapat mempengaruhi kekhusyukan ibadah kita.

Inilah 10 Rekomendasi Jenis Bahan Kain Untuk Mukena

Kita sebagai Muslimah sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat mukena. Hal ini akan sangat membantu kita saat akan membeli mukena sehingga tidak akan tertipu dengan rayuan penjual mukena saat memilih. Bagaimanakah jenis-jenis kain untuk bahan mukena itu? Inilah penjelasannya berikut ini.

1. Mukena dari Bahan Spandex

Bahan spandex terkenal dengan ciri khasnya yang jatuh dan lumayan dingin dipakai, walaupun memang agak susah untuk menyerap keringat. Oleh karena itu mukena dari bahan kain spandex juga mempunyai karakteristik bahan yang jatuh dan lumayan dingin, namun masih kalah dingin dari bahan katun. Walaupun begitu mukena yang dibuat dari kain spandek ini mempunyai kesan mahal dan ekslusif sehingga cocok dipakai untuk sholat pada hari-hari besar atau perayaan seperti Idul Fitri dan yang semisalnya.  Hal ini dikarenakan tekstur permukaan kainnya yang lembut serta memiliki serat yang halus.

contoh mukena bahan spandex
contoh mukena bahan spandex. image credits: bukalapak

Dari segi motif dan warna yang ditawarkan dari bahan spandex ini juga sangat beragam. Tak heran jika mukena berbahan spandek juga digemari banyak orang. Dari segi harga mukena berbahan spandex ini masih termauk terjangkau.

2. Mukena dari Bahan Parasut

Bahan Parasut mempunyai ciri khas yang tipis dan jika dilipat bisa menjadi sangat kecil. Hal ini menjadikannya banyak dipakai untuk bahan mukena. Mukena yang terbuat dari bahan parasut ini mempunyai ciri struktur kain yang tipis dan ringan dan juga serat kainnya kuat dan tidak mudah kusut.

contoh mukena parasut
contoh mukena parasut. image credits: lazada

Karena karakteristiknya itu maka mukena berbahan parasuit ini sangat bagus menjadi pilihan kita saat sedang bepergian atau travelling. Hal ini karena dengan membawa mukena berbahan parasut ini sangat menghemat tempat dan mudah dibawa kemana-mana. Bahkan karena saking pasnya buat travelling maka mukena ini memiliki sebutan Mukena Traveling karena bisa dilipat sedemikian kecil, ringan dan simple.

Namun dibalik kelebihannya, mukena ini juga mempunyai kekurangan yaitu mukena parasut ini sangat ringan dan tidak cukup mampu untuk menyerap keringat, sehingga ibadah kita mungkin akan sedikit terganggu dengan kehadiran angin dan udara panas di sekitar kita. Dengan kata lain, memakai mukena berbahan parasut ini tidak nyaman karena kegerahan dan kainnya yang tipis dan ringan sehingga mudah tertiup angin sehingga kadang bagian kaki bisa tersingkap jika kita tidak waspada. Dari segi harga mukena ini harganya sangat terjangkau sesuai dengan kualitas bahan parasut dan juga motifnya.

3. Mukena Berbahan Kain Shantung atau Rayon

Kain shantung merupakan nama lain dari kain rayon banyak dipakai oleh para desainer untuk membuat busana Muslimah yang nyaman dipakai.

contoh mukena bahan rayon
contoh mukena bahan rayon

Kain ini termasuk salah satu bahan mukena yang terkenal karena karakteristiknya yang nyaman saat digunakan. Mukena yang terbuat dari bahan rayon akan terasa adem dan ringan namun tetap terkesan jatuh. Bahan rayon ini terbuat dari bahan semi sintetis. Hal ini membuat mukena berbahan rayon atau shantung ini cukup awet dan harganya juga terjangkau.

4. Mukena Bahan Katun Lokal

Bahan Katun lokal merupakan bahan yang banyak dipakai untuk membuat busana Muslimah dan juga mukena. Dengan kelebihannya yaitu harganya yang terjangkau dan kemampuannya dalam menyerap keringat dengan baik membuat kain katun lokal ini menjadi salah satu pilihan utama para produsen busana Muslimah dan juga mukena. Apalagi jenis kain ini sangat mudah Anda temukan  di toko-toko kain, baik secara offline maupun online.

contoh mukena bahan katun lokal
contoh mukena bahan katun lokal

Warna serta motif yang ditawarkan kain katun ini juga cukup beragam dan selalu up to date sesuai dengan trend yang berkembang di masyarakat. Dengan kelebihannya tersebut pantaslah jika mukena berbahan katun lokal ini menjadi favorit untuk kelas mukena nyaman dengan harga miring.

5. Mukena Dari Bahan Katun IMA

Bahan katun ima merupakan bahan kain yang mempunyai ciri serat yang halus, rapat, dan agak tipis.  Jika Anda perhatikan dari dekat maka tidak terdapat benang halus yang terburai. Kain katun ima ini sebenarnya masuk dalam kategori katun jepang polos yang mempunyai garis serat yang sedikit lebih jelas.

contoh mukena bahan katun ima
contoh mukena bahan katun ima

Pada awalnya kain katun IMA merupakan salah satu jenis kain katun yang diimpor dari Jepang dan bermerk IMA. Setelah kain ini menjadi terkanal maka banyak prousen-produsen kain lokal yang membuat bahan katun dengan kualitas yang tak kalah bagus dari kain merk IMA dari Jepang.

Kain ini juga menjadi bahan pashmina yang banyak dipakai oleh para hijabers di Indonesia. Seperti halnya produk-produk berbahan katun lainnya, mukena yang terbuat dari bahan katun ima ini sangat nyaman dan adem untuk menemani ibadah kita.

6. Mukena Berbahan Katun Jepang

Bahan katun Jepang terbuat dari 100% katun sehingga  mempunyai karakteristik yang adem dan nyaman dipakai. Jadi bisa dipastikan bahwa mukena yang dibuat dari jenis kain satu ini sangat adem saat dikenakan dan mempunyai daya serap yang baik.  Oleh karena itu kain ini menduduki posisi pertama yang sangat popular dikalangan wanita Muslimah, dan tentu saja banyak dipilih oleh para desainer.

contoh mukena bahan katun jepang
contoh mukena bahan katun jepang

Kelebihan lain dari katun Jepang mempunyai warna-warna yang cerah, tahan lama dan tidak luntur meskipun terlah dicuci berulang kali. Bisa dibilang mukena bahan katun jepang ini adalah jenis bahan katun yang paling berkualitas dibandingkan jenis bahan katun lainnya. Namun karena kualitasnya yang bagus dan juga kainnya yang impor maka harganya juga lumayan diatas jenis kain lainnya sehingga perlu budget lebih jika ingin membeli mukena dari bahan katun jepang ini.

7. Mukena Berbahan Katun Paris

Bahan katun paris mempunyai karakteristik dimana tampilannya lebih tipis dibandingkan katun jepang. Mukena katun paris mempunyai ciri-ciri bahan yang adem, nyaman dan mempunyai daya serap yang baik. Bahan kain paris juga sering digunakan untuk mukena dengan motif tapi tak sedikit pula yang menggunakan bahan atun paris model polos untuk mukena. Jika dibandingkan mukena berbahan katun lainnya, harga mukena katun paris ini jauh lebih terjangkau.

contoh mukena bahan katun paris
contoh mukena bahan katun paris

Jika kita perhatikan maka bahan ini layaknya mukena parasut versi katun, meski kainnya tergolong tipis namun katun paris ini sedikit lebih berbobot dan memiliki kemampuan menyerap keringat yang lebih baik dari mukena parasut. Jadi mukena dari bahan katun paris ini bisa dijadikan salah satu alternatif mukena travelling sebagai pengganti mukena parasut jika Anda tidak kuat memakai mukena jenis parasut.

8. Mukena Berbahan Katun Rayon

Bahan kain Katun Rayon adalah salah satu jenis bahan kain yang dibuat dari campuran serat katun dan serat rayon. Bahan kain ini mempunyai kesan jatuh, terasa adem, dan memiliki daya serap yang baik.

contoh mukena bahan katun rayon
contoh mukena bahan katun rayon

Mukena katun rayon menjadi pilihan utama para muslim untuk digunakan sebagai perlengkapan ibadah sehari-hari. Hal ini dikarenakan harga mukena jenis ini yang cukup terjangkau, dengan sifat bahan yang adem, dan nyaman. Contoh dari mukena jenis ini adalah jenis mukena bali yang sangat booming dipasaran beberapa waktu yang lalu terbuat dari bahan katun rayon.

9. Mukena Berbahan Katun Silky

Mukena yang terbuat dari bahan katun silky atau sutera mempunyai karateristik yang merupakan penggabungan antara bahan katun dan silk atau sutera. Mukena berbahan katun sutra sangat nyaman digunakan, dingin, dan  mempunyai daya serap yang baik. Mukena satu ini cocok digunakan untuk ibadah sehari-hari kita. Sekilas , mukena katun silk ini mirip dengan mukena sutera namun dengan kilau yang berbeda.

contoh mukena bahan katun silky
contoh mukena bahan katun silky

Campuran antara bahan katun dan sutra pada kain ini membuat mukena katun silk ini sangat nyaman dikenakan dan harganya pun jauh lebih terjangkau dari mukena berbahan sutera asli. Meski begitu, ketebalan dan kesan mewah kain sutra tetap bisa kita dapatkan pada mukena katun silk. Untuk harganya mukena yang terbuat dari bahan katun silk ini lumayan mahal, namun dengan kelebihan yang dimilikinya maka Anda tidak akan kecewa untuk membelinya.

10. Mukena Dari Bahan Sutera

Bahan Sutera terkenal dengan karakteristiknya yang mempunyai  ciri kuat, elastis, berkilau, elegan, dan mampu menyesuaikan suhu tubuh. Jika Anda menggunakan mukena yang terbuat dari bahan sutera maka insya Allah tidak akan kegerahan saat siang hari dan tidak akan kedinginan saat malam hari.

contoh mukena bahan sutera
contoh mukena bahan sutera

Namun untuk mendapatkan segala kelebihan dari mukena berbahan sutera, Anda perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Karena harga mukena sutra ini sangat mahal, sehingga kebanyakan orang yang mempunyai mukena jenis ini hanya digunakan pada saat-saat tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha saja. Anda juga bisa menemukan mukena jenis ini dipakai sebagai mas kawin dalam pernikahan.

Demikianlah 10 rekomendasi jenis mukena yang bisa Anda pakai untukkebutuhan sehari-hari Anda. Anda tinggal memilih berdasarkanmodel, motif, corak, jenis bahan yang dipakai dan juga harga mukena yang ingin Anda miliki. Semoga bermanfaat.